Pada tanggal 15 s.d 18 Maret 2022 telah dilaksanakan Asesment Lapangan Daring (ALD) Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang. Sesuai dengan prosedur akreditasi LAM-PTKes dan Keputusan Perkumpulan LAM-PTKes No : 32/SK/K/09.2020 tanggal 24 September 2020 tentang pelaksanaan assessmen lapangan di masa pandemi covid-19 yang mempertimbangkan kondisi di masa pandemic Covid-19, kegiatan assessment lapangan pada program studi  Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang dilakukan secara daring oleh Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PTKes) selama 4 hari (15-18 Maret 2022). Adapun asesorLAM-PTKes yang bertugas pada kegiatan ALD tersebut adalah ibu Emy Suryani, M.Mid selaku asesor I dengan asal institusi Profesi – Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Surakarta, ibu Bintang Petralina, SST, M.Keb selaku asesor II dengan asal institusi D-3 – Kebidanan Universitas Binawan dan ibu Bd Baharika Suci Dwi Aningsih, M.Keb selaku asesor IIIdengan asal institusi S-1 – Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus.

Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang merupakan Program Studi kedua dilingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang yang melakukan akreditasi dengan menggunakan instrumen 9 kriteria. Kegiatan ALD dihadiri dan diikuti oleh jajaran pejabat Poltekkes Kemenkes Palembang seperti Direktur, Wakil Direktur I, Wakil Direktur II, Wakil Direktur III, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang Ibu Elita Vasra, SST, M.Keb. Kegiatan ALD ini tentunya juga dihadiri oleh tim akreditasi dari program studi dan UPPS mulai dari kriteria 1 sampai dengan kriteria 9. Selain itu, kegiatan ALD ini juga melibatkan mahasiswa, alumni dan stake holder dari tempat lahan praktik Rumah Sakit, Puskesmas dan Praktek Mandiri Bidan.

Sesuai dengan Rundown ALD yang telah diberikan oleh pihak LAM-PTKes, hari pertama merupakan acara pembukaan ALD dengan agenda pengenalan pimpinan UPPS, PS dan pengenalan tim asesor serta pembacaan susunan acara dan tata tertib. Agenda selanjutnya, presentasi, konfirmasi serta sinkronisasi terkait data dan dokumen dari kriteria 1 s.d 9 yang telah di unggah oleh pihak UPPS dan PS dengan pihak asesor yang dibagi menjadi 3 breakrooms. Room 1  untuk kriteria 1, 2 dan 3 dengan asesor ibu Emy Suryani, M.Mid), room 2 untuk kriteria 4, 6 dan 9 dengan asesor ibu Bintang Petralina, SST, M.Keb dan room 3 untuk kriteria 5, 7 dan 8 dengan asesor ibu Bd Baharika Suci Dwi Aningsih, M.Keb.

Pada hari kedua, dimulai pukul 08.00 dilakukan sesi live streaming sarana dan prasarana di ruang pimpinan yang ada di Direktorat Poltekkes Kemenkes Palembang, selanjutnya dilakukan live streaming pada sarana prasarana yang ada pada Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang dimulai dari ruang dosen, ruang administrasi, ruang bimbingan konseling, ruang musholah, gazebo diskusi mahasiswa, ruang HMPS, ruang HMJ, ruang layanan kesehatan, ruang laboratorium neonatus, ruang laboratoriun komunitas, kemudian ruang kelas profesi, ruang tutorial, ruang wifi corner. Selanjutnya dengan menggunakan camera kedua dilanjutkan ke ruang kelas prodi sarjana terapan kebidanan, ruang demonstrasi, perpustakaan, dan ruang laboratorium.

Setelah live streaming pada sarana prasarana yang ada pada prodi Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan, kegiatan live streaming dilanjutkan pada jurusan farmasi dengan melakukan streaming pada laboratorium Farmakologi. Kemudian berpindah live streaming dilanjutkan pada laboratorium OSCE yang ada di jurusan keperawatan. Pada sesi akhir live streaming dilakukan pada kampus sukabangun, live streaming dilakukan pada laboratorium biokimia, parasitologi dan anatomi fisiologi, kemudian laboratorium computer, bahasa dan ruang CBT Poltekkes Kemenkes Palembang. Setelah dilakukan live streaming, dimulai pukul 11.00 wib, kegiatan dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab dengan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni. Lalu pada pukul 13.00 dilanjutkan sesi konfirmasi serta sinkronisasi data kembali dengan ketiga asesor.

Pada hari ketiga, dilanjutkan dengan sesi live streaming pada lahan praktek di Rumah Sakit Umum Daerah Palembang Bari, Puskesmas Pembina Palembang dan Praktik Mandiri Bidan Meli Rosita. Pada sesi live streaming juga dilakukan Tanya jawab dengan CI lapangan lahan praktek. Setelah dilakukan live streaming lahan praktek, kemudian dilanjutkan kembali sinkronisasi data dan dokumen terkait kriteria 1 s.d 9 yang masih perlu dikonfirmasi. Lalu setelah selesai dilakukan sinkronisasi data dan sokumen, pihak asesor menyusun laporan hasil assemen lapangan berdasarkan catatan yang telah dibuat. Pad ahari ketiga dilakukan penyampaian hasil catatan pada saat assessment lapangan daring selama 3 hari  yang telah dilakukan oleh tim Asesor kemudian tim akreditasi prodi melihat hasil assessment tersebut. Pada hari keempat , dilakukan sesi penutupan , penandatanganan berita acara assesmen lapangan, penyampaian berita acara dan rekomendasi ALD. Semoga prodi Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang mendapatkan hasil yang optimal dan terbaik. Aminn

Sertifikat Akreditasi Prodi Sarjanan Terapan Kebidanan – Download

Sertifikat Akreditasi Prodi Pendidikan Profesi Bidan – Download

Leave a Comment

1 × four =